Memberi Bukti Bukan Janji, Seorang Dosen Sastra Inggris Resmi Meraih Doktor Tahun Ini

Kabar gembira kembali menghampiri UIN Sunan Kalijaga. Salah satu dosen Program Studi Sastra Inggris Fakultas Adab dan IImu Budaya, Dr. Danial Hidayatullah resmi menyandang gelar doktor pada bidang Sastra.

Dr. Danial, yang pada hari Rabu, 21 Oktober 2020 melaksanakan wisuda, mengusung disertasi yang berjudul “Keragaman Maskulinitas dalam Novel-Novel Karya Lima Perempuan Penulis Indonesia”. Karya yang diteliti oleh beliau adalah empat novel dan satu cerita pendek, diantaranya Saman (1998) karya Ayu Utami, Ode Untuk Leopold Von Sacher-Masoch (2002) karya Dinar Rahayu, Tarian Bumi (2000) karya Oka Rusmini, Perempuan Berkalung Sorban (2001) karya Abidah El Khalieqy dan cerpen Menyusu Ayah (2004) karya Djenar Maesa Ayu. Dalam disertasi ini, Dr. Danial Hidayatullah meneliti tentang maskulinitas dalam novel yang ditonjolkan oleh pengarang wanita. Bagaimana cara para penulis perempuan tersebut dalam mendobrak norma dan nilai tabu dan pendeskripsian seksualitas yang terbuka sehingga dapat dibaca membuat beliau tertarik untuk mengangkat karya-karya ini sebagai obyek disertasi.

Dr. Danial Hidayatullah atau yang kerap disapa akrab dengan panggilan "Pak Dan" atau “Daddy” oleh mahasiswa ini merupakan salah satu dosen alumni UGM. Ia mengawali pendidikan strata satu (S-1) Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra UGM, kemudian melanjutkan jenjang magister dalam bidang Sastra dan Budaya pada Prodi Pengkajian Amerika dan menyelesaikan studi doktornya (S-3) dalam bidang Sastra pada prodi Ilmu-Ilmu Humaniora di kampus yang sama.

Gelar baru yang diraih Dr. Danial Hidayatullah ini merupakan kabar gembira bagi seluruh civitas akademika UIN Sunan Kalijaga, khususnya Prodi Sastra Inggris. Beberapa dosen Sastra Inggris yang sudah menyandang gelar doktor diantaranya adalah Dr. Witriani dan Dr. Ubaidillah, dan gelar doktor inilah yang menambah deretan doktor pada dosen yang ada di Prodi Sastra Inggris.