KUNJUNGAN RELO U.S. EMBASSY DAN PRODI SASTRA INGGRIS KE MA DIPONEGORO YOGYAKARTA

Pada hari Selasa, 22 November 2022, prodi Sastra Inggris, UIN Sunan Kalijaga mendampingi Mr. Rick Rosenberg dan Mr. Catur Wahyudi dari tim RELO, U.S. Embassy mengunjungi MA Diponegoro Yogyakarta, sebagai salah satu rangkaian dari pelaksanaan kegiatan ELTT (English Language Teacher Training) Program.

ELTT merupakan program yang diadakan oleh RELO, U.S. Embassy bekerjasama dengan beberapa institusi di berbagai daerah, salah satunya prodi Sastra Inggris, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prodi Sastra Inggris memfasilitasi trainer ELTT yang bertugas memberikan pembelajaran kepada para guru madrasah dan pesantren di MA Diponegoro. Program ini telah dimulai pada 9 Agustus 2022 dan akan berakhir pada 19 Desember 2022 dengan peserta para guru madrasah dan pesantren.

Mr. Rick Rosenberg dan Mr. Catur Wahyudi sebagai wakil tim RELO ingin mengetahui secara langsung proses pembelajaran di MA Diponegoro yang sudah menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari untuk kegiatan belajar mengajar maupun komunikasi harian. Kunjungan ini disambut dengan luar biasa oleh para guru dan santri. Kaprodi Sastra Inggris, Ulyati Retno Sari, M. Hum hadir mendampingi tim RELO bersama tim trainer, yakni Dr. Witriani, Dr. Danial Hidayatullah, Dwi Margo Yuwono, M.Hum, dan Anisah Durrotul Fajri, M.A.

Kunjungan diawali dengan ramah tamah bersama pengasuh Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro, Drs. KH. Muhammad Syakir Ali, M.Si. Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari tim RELO, dan menyampaikan harapannya bahwa MA Diponegoro Yogyakarta nantinya bisa menjadi sekolah bertaraf internasional. Setelah acara ramah tamah, tim RELO dan tim trainer prodi Sastra Inggris menuju ruang kelas MA Diponegoro untuk melihat secara langsung situasi kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode yang sudah diajarkan dalam program ELTT.

Acara selanjutnya adalah pertemuan antara tim RELO, trainer ELTT dan peserta ELTT yakni para guru MA Diponegoro. Pada kesempatan ini, Mr. Rick Rosenberg memberikan kuliah singkat dan membagikan serta menjelaskan banyak materi pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru maupun trainer. Beliau menyampaikan bahwa hal paling penting dalam mengajar adalah membuat kelas menjadi seru dan interaktif.

Prodi Sastra Inggris berharap program ELTT ini berlangsung lancar, dan dengan kunjungan langsung dari tim RELO akan menambah semangat baik para trainer maupun peserta ELTT, sekaligus mempererat kerjasama antara prodi Sastra Inggris dengan RELO, U.S. Embassy.