UPGRADING KOMPETENSI MAHASISWA MELALUI PELATIHAN ZOTERO

Prodi Sastra Inggris kembali menyelenggarakan pelatihan Zotero bagi mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Kegiatan ini digelar selama empat hari berturut-turut melalui aplikasi Zoom Meeting, mulai tanggal 26 sampai 29 Oktober 2022, dan berlangsung selama kurang lebih empat jam setiap harinya dengan narasumber Dr. Eric Kuntho Aribowo, M.A. dan Khristianto, S.S., M. Hum.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kaprodi Sastra Inggris, Ulyati Retno Sari, M. Hum pada hari pertama. Selanjutnya, narasumber pertama, Khristianto, M. Hum, menyampaikan materinya tentang penelusuran referensi dan strategi pencarian. Narasumber kedua, Dr. Eric Kuntho, mengisi materi tentang pencarian materi berbasis software. Pada setiap sesinya, narasumber berdisuksi dan tanya jawab dengan para peserta.

Hari kedua pelatihan dimulai pada jam yang sama dengan sebelumnya, yakni pukul 09.00 WIB. Narasumber Khristianto, M.Hum, memberikan contoh cara instalasi Zotero dan cara penggunaannya. Beliau mengundang beberapa peserta untuk share screen dan praktek instalasi Zotero dan menunjukkan koleksinya. Selanjutnya, Dr. Eric Kuntho mengulas materi tentang pengelolaan referensi atau Reference Management Software, khususnya yang memakai Zotero. Narasumber tidak hanya memaparkan materi saja, namun memberikan contoh praktek dan penerapannya dengan sangat detail.

Selanjutnya, di hari ketiga, Dr. Eric Kuntho memulai sesi pertama dengan pemaparan materi tentang membaca artikel secara cepat dan efisien. Pertama beliau memperkenalkan terlebih dahulu klasifikasi tipe-tipe jurnal ilmiah, dan selanjutnya memberikan cara praktis dalam membacanya. Pada sesi kedua, Khristianto M, Hum. menjelaskan tentang langkah-langkah penyusunan artikel ilmiah.

Di hari terakhir, Dr. Eric Kuntho memulai sesi pertamanya tentang proses peer review pada penerbit jurnal. Narasumber juga memberikan informasi terkait peringkat jurnal di Indonesia, serta mengenalkan software “Praat” dan memberikan tutorial instal “Publish or Perish”. Para peserta diminta untuk mencoba dan beberapa diundang untuk share screen dan berkonsultasi langsung dengan narasumber. Sesi kedua dibawakan oleh Khristianto, M. Hum yang menampilkan contoh hasil penelusurannya dengan menggunakan “Publish or Perish”. Sesi terakhir merupakan sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta dan para narasumber, dan kemudian diakhiri dan ditutup oleh Sekretaris Prodi, Febriyanti Lestari, M.Hum.

Pelatihan selama empat hari ini berlangsung lancar dan dihadiri oleh ratusan peserta setiap harinya, serta menjadi lebih meriah dengan adanya pemberian cindera mata dari para narasumber kepada para peserta teraktif tiap harinya.