TRANSLATION IS MY PASSION

Kuliah umum prodi Sastra Inggris kembali digelar tanggal 20 September 2022 dengan tema “Pursuing Career as A Translator”. Kali ini prodi menghadirkan Rona Desfy Palada dari Himpunan Penerjemah Indonesia sebagai narasumber.

Kegiatan dilaksanakan melalui Zoom Meeting. Mewakili Ketua Prodi Sastra Inggris, Sekretaris prodi Febriyanti Lestari, M.A. membuka acara sekitar pukul 08.00 WIB. Sekprodi menyambut baik acara kuliah umum yang mengangkat topik karir dalam dunia penerjemahan karena menjadi penerjemah dan juru bahasa termasuk salah satu profil lulusan prodi. Sudah banyak alumni Sastra Inggris yang menjadi penerjemah sehingga informasi terkait prospek karir ini menjadi sangat signifikan untuk mahasiwa baru Prodi Sastra Inggris.

Berlanjut ke acara inti, narasumber memulai pemaparan materi dengan dipandu oleh moderator Margo Yuwono, M.Hum. dari UIN Sunan Kalijaga. Bu Rona memulai presentasi dengan menampilkan akun sosmed narabahasa yang dikelola salah satu anggota HPI Ivan Lanin. Di sana banyak sekali informasi terkait prospek dunia penerjemahan. Bu Rona juga mengaitkan dengan teori penerjemahan yang sering digunakan dalam kajian terjemahan. Narasumber menceritakan pengalaman beliau sebagai alumni Sastra Inggris dan bagaimana latar belakang ini menjadi modal beliau sebagai penerjemah, di mana beliau memiliki klien internasional selain dalam negeri. Presentasi Bu Rona kemudian dilanjutkan membahas topik khusus potensi karir sebagai penerjemah. Beliau menceritakan pengalaman mengenai fakta bahwa di masyarakat masih ada yang bingung membedakan antara translator dan interpreter, penerjemah atau juru bahasa. Setelah selesai menyampaikan seluruh materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa orang menyampaikan pertanyaan melalui chat box Zoom ataupun bertanya secara langsung. Bu Rona merespon semua pertanyaan dengan baik dan diskusi berjalan interaktif. Beliau memberikan satu door prize untuk peserta paling aktif selama kuliah umum berlangsung. Mahasiswa yang beruntung mendapat door prize adalah Shafa angkatan 2022. Dihadiri sekitar 110 peserta, acara berjalan dengan lancar dan diakhiri pada pukul 10:00 WIB setelah sesi tanya jawab.