Kerjasama dengan RELO Kedubes Amerika Serikat dan World Learning, Prodi Sastra Inggris UIN Sunan Kalijaga Selenggarakan Program Pelatihan bagi guru bahasa Inggris

Program Studi Sastra Inggris Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan the Regional English Language Office (RELO), Kedutaan Besar Amerika Serikat, melaksanakan program pelatihan “English Language Teacher Training (ELTT)” yang dibuka pada hari Jumat, 19 Agustus 2022 di Ruang 209 Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Dalam acara “Opening and Orientation 1 English Language Teacher Training”, Dr. Witriani, M.Hum sebagai master trainer memberikan penjelasan tentang program ELTT bagi guru madrasah/pesantren yang akan berlangsung dari bulan Agustus sampai Desember 2022. Program ini merupakan model pengajaran bahasa Inggris berbasis online yang diinisiasi dan dikembangkan oleh Worldlearning dan National Geography. Di seluruh Indonesia, program ini melibatkan sekitar 56 trainers dan 280 orang guru-guru. Pada kesempatan ini Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Dr. Muhammad Wildan, M.A. juga berkesempatan untuk membuka kegiatan ELTT. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa program ELTT ini merupakan bentuk kontribusi Prodi Sastra Inggris dan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga dalam perkembangan peradaban.
Acara pembukaan ELTT dilanjukan dengan Program Orientation 1 yang dimulai dengan perkenalan Trainer. Adapun trainer dalam program ini merupakan dosen-dosen Sastra Inggris, yaitu Ulyati Retno Sari, M.Hum., Febriyanti Dwiratna Lestari, M.A., Dwi Margo Yuwono, M.Hum., Dr. Danial Hidayatullah, dan Anisah Durrotul Fajri, M.Hum. Acara ini juga dihadiri oleh 25 peserta yang merupakan guru dari beberapa madrasah dan pondok pesantren di Yogyakarta. Adapun madrasah dan pondok pesantren yang ikut serta dalam program ini adalah Madrasah Aliyah Muallimin, Madrasah Aliyah Muallimat, Madrasah Aliyah Diponegoro, Madrasah Aliyah Mafaza, Pondok Pesantren Al Imdad, Pondok Pesantren Sunni Darussalam, dan Pondok Pesantren Tamrinut Tullab. Seluruh peserta mengikuti orientasi dengan antusias dan aktif selama acara berlangsung. Dalam kesempatan ini juga, Bapak Rofiq Anwar salah satu guru dari MA Diponegoro menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Program Studi Sastra Inggris, UIN Sunan Kalijaga yang telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk ikut serta dalam program yang sangat bermanfaat bagi mereka ini.