Mahasiswa Sastra Inggris Mengikuti Lomba Debat Internasional di Istanbul, Turki

Pada hari Senin, 13 Juni 2022, salah satu mahasiswa Program Studi Sastra Inggris resmi dilepas untuk mengikuti lomba debat internasional. Lomba tersebut dilaksanakan di Istanbul, Turki pada tanggal 17 sampai 23 Juni 2022 dan merupakan lomba debat Bahasa Arab atau yang lebih dikenal dengan 6th International Universities Arabic Debating Championship (IUADC) yang diselenggarakan oleh Qatar debate. Mahasiswa Sastra Inggris yang mengikuti lomba tersebut adalah Ala’ yang saat ini sedang duduk di bangku kuliah semester 6. Ala’ bersama tim dibimbing langsung oleh Prof. Dr. H. Ibnu Burdah,S.Ag., M.A., yang merupakan guru besar Program Studi Bahasa dan Sastra Arab.

Sebagai salah satu anggota calon peserta lomba debat internasional tersebut, Ala’ sudah memiliki sejuta pengalaman di bidang lomba debat yang salah satunya adalah di International Electronic Debate Championship in Arabic 2020, International Mahrajan Al-Azhar Al-Arabi dan lomba-lomba debat lainnya. Selain itu, Ala’ juga sering menjuarai lomba debat yang salah satunya berhasil menjadi pembicara terbaik di Hawari Arabic Debating Championship dan mendapat juara 1 di Musabaqah Munazarah ‘Abra Internet USIM, Malaysia. Walaupun statusnya sebagai mahasiswa Sastra Inggris, Ala’ membuktikan bahwa mahasiswa prodi Sastra Inggris juga bisa menguasai bahasa asing yang lain.

Ala’ dan tim mengikuti lomba debat internasional tersebut sebagai perwakilan Indonesia dan seluruh anggota tim debat berasal dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan prodi yang berbeda-beda. Tim debat tersebut dilepas secara resmi dan penuh dengan doa serta dukungan oleh Ulyati Retno Sari, M.Hum. (Kaprodi SI), Dr. Ening Herniti, M.Hum. (Kaprodi BSA), Dr. Moh. Wakhid Hidayat, M.A. (Sekprodi BSA), Yasin Baidi, S.Ag, M.Ag. (Kaprodi Hukum Keluarga Islam/Ahwal Syakhsiyyah), Dr. Moh. Kanif Anwari, M.Ag., (Dosen prodi BSA), dan Umi Nurun Ni’mah, S.S., M.Hum. (Dosen Prodi BSA).

Sebelum resmi dilepas untuk mengikuti lomba debat internasional tersebut, Ala’ dan tim selalu melakukan latihan rutin. Disela-sela kesibukan dengan kewajiban akademik di bangku kuliah, Ala’ dan tim tetap semangat dalam mengejar keinginan supaya menjadi tim debat yang bisa membuahkan hasil terbaik. Tidak hanya dilepas dengan dukungan, akan tetapi tim debat tersebut juga dilepas dengan doa dengan harapan semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar. (Fitria Yuliana)